Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Penyuluhan Kesehatan Pasca Banjir

Banjir memang telah menjadi siklus tahunan saat musim penghujan tiba. Untuk beberapa masyarakat yang berada diwilayah Pamekasan yaitu tepatnya di Kelurahan patemon,Kelurahan Jungcangcang,Kelurahan Gladak Anyar dan desa Laden yang sudah menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba .
Di desa laden jalan Bhayangkara kampong timur Rt 05 Rw 02 Tim Penggerak Pkk dan Bidan putri selaku bidan desa tmengadakan penyuluhan terkait dengan Kesehatan warga setempat akibat pasca banjir , materi penyuluhan yang akan diberikan kepada warga adalah bagaimana menjaga diri dari kemungkinan munculnya penyakit.
“Dengan diadakanya penyuluhan kebencanaan kali ini harapannya warga menjadi cepat tanggap dengan keadaan dirinya jika terkena sakit, merubah gaya hidup menjadi lebih hygienis mengetahui dan tanggap dengan tanda tanda bahaya banjir,”.
Selain itu juga  masyarakat di harapkan mampu segera mencari bantuan dan pengobatan jika terserang penyakit karena akibat banjir yang menimpanya.
Penyuluhan berlangsung 1 jam dan ditambah dengan sesi tanya jawab dari para warga. Kegiatan yang didukung oleh jajaran pengurus RT setempat di hadiri sekitar 41 warga yang mengikutinya dengan penuh antusias hingga tuntas.
dan diantara isi dari materi tersebut adalah 
7 hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan rumah pasca-banjir. 

"Pertama adalah sedapat mungkin gunakan sepatu boot dan sarung tangan ketika membersihkan rumah, jangan hanya pakai sandal dan sedapat mungkin jangan tangan telanjang

Perlindungan itu dibutuhkan karena air banjir bisa jadi merupakan air kotor dan mengandung bakteri, virus dan lain-lain.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah sering mencuci tangan dan kaki dengan air mengalir dan sabun. "Kontaminasi kotoran air bekas banjir akan diminimalisir dengan mencuci tangan dan kaki secara berkala,

Selain itu, dia mengingatkan bahwa bahan makanan yang terendam air banjir juga mungkin tidak sehat lagi untuk dikonsumsi dan diharapkan agar masyarakat menggunakan bahan makanan sehat agar tidak timbul gangguan saluran cerna.

Hal keempat yang harus diperhatikan adalah sumber air bersih harus dipastikan tidak terkontaminasi kotoran karena banjir atau hal lain.

Obat-obat persediaan di rumah yang terendam banjir juga diharap untuk dapat dipastikan tidak tercemar untuk mencegah kontaminasi yang lain.

Masyarakat diharapkan dapat mengomunikasikan perihal obat-obatan itu dengan petugas kesehatan setempat dan jika memang obat yang disimpan sudah tercemar banjir walaupun sedikit maka seharusnya tidak dikonsumsi lagi.

Perabotan rumah tangga seperti pakaian, kasur, busa kursi, karpet dan bahan kain lainnya yang terendam banjir dikatakan Tjandra harus di cuci dengan sabun dan dijemur sampai kering dan bersih betul sebelum digunakan untuk memastikan kebersihannya.

Sedangkan hal terakhir yang harus diperhatikan dalam membersihkan rumah pasca-banjir adalah air yang digunakan untuk membersihkan harus air bersih. 
Para warga sangat berharap untuk selanjutnya kegiatan penyuluhan dapat dilakukan secara berkala didaerah mereka sekaligus dapat memberikan pengobatan gratis bagi warga yang membutuhkan..

Tidak ada komentar