Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Sosialisasi Penanggulangan Kanker Serviks

Pamekasan (18 September 2014) - BPJS dan YKI ( yayasan kanker indonesia ) bekerja sama dengan PKK Kabupaten Pamekasan menggelar sosialisasi yang bertajuk "deteksi dini kanker leher rahim" bertempat di ruang pertemuan PKK Kabupaten.

Sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh elemen organisasi wanita pamekasan diantaranya, PKK, Persit, Bhayangkari, Dharmawanita, Muslimat Nu, Aisyiah dan organisasi perempuan lainnya. Acara ini mempunyai tujuan agar seluruh wanita dapat mengetahui dan mencegah penyakit kanker serviks yang sangat rentan bagi wanita ini.

"Risiko menderita kanker serviks adalah wanita yang aktif berhubungan seks sejak usia sangat dini, yang sering berganti pasangan seks, atau yang berhubungan seks dengan pria yang suka berganti pasangan." Ujar  Esti Ningtyas pemateri dari YKI, mengingatkan para wanita untuk menjalani seks sehat.

Sementara itu pemateri kedua Dr. Tatik dr RSU dr. Slamet Martodirdjo memaparkan bahwa faktor keturunan dan kontrasepsi KB juga dapat memiu terjadi kanker serviks ini.

"Faktor penyebab lainnya adalah menggunakan pil KB dalam jangka waktu lama atau berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker"

Disosialisasi ini pula dijelaskan bahwa Kanker serviks bisa dicegah dan bisa diobati, deteksi sejak dini dan rutin melakukan Pap smear akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Ubah gaya hidup Anda dan juga pola makan Anda agar terhindar dari penyakit yang membunuh banyak wanita di dunia ini, dengan demikian, maka kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan penanganan yang tepat, kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan. (KK/Ocha)

Tidak ada komentar