Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Peringatan Sumpah Pemuda 2014, Karakter Pemuda Mulai Bergeser Ke Hidup Hidonis

PAMEKASAN - Sumpah pemuda merupakan ikrar yang dicetuskan oleh para pemuda zaman dulu untuk menyatukan pemuda di seluruh di Indonesia. Karena itu momentum peringatan sumpah pemuda ini sangat penting guna menumbuhkan semangat dalam diri pemuda akan pentingnya persatuan.

Jika pemuda zaman dulu bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan namun pemuda zaman sekarang bersatu guna membangun bangsa ini menjadi lebih baik dan disegani bangsa lain.

Tokoh Pemuda Pamekasan Khairul Kalam mengemukakan bahwa pada menjelang kemerdekaan, banyak bermunculan pemuda-pemuda potensial. Di antaranya, Bung Karno, Bung Hatta, Muh Yamin, WR Supratman, Sutomo, Ki Hajar Dewantara, dan lainnya, yang tampil dengan membawa panji organisasi dan kemampuan mereka saat masih berusia di bawah 30 tahun.

 Mantan wakil ketua DPRD Pamekasan ini membandingkan dengan semangat pemuda saat ini, yang notabene memiliki tanggungjawab mengisi kemerdekaan untuk kemajuan bangsa ini. Menurutnya, sikap sebagian pemuda saat ini sudah mengkhianati semangat pejuang. Hal itu ditandai dengan kemerosotan semangat juang dan perilaku korupsi yang sebagian besar pemainnya adalah orang-orang yang berusia relatif muda.

Untuk menangkal semua itu, Khairul menegaskan bahwa saat ini dibutuhkan pemuda yang berkarakter untuk dapat menjalankan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Pemuda yang berkarakter adalah pemuda yang memiliki dedikasi. integritas jujur dan tangguh dalam menghadapi berbagai persoalan demi kemajuan bangsa sesuai harapan pejuang.(afa/kkbj)

Tidak ada komentar