Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Musim Pancaroba, Waspadai Penyakit Demam Berdarah

PAMEKASAN - Sejumlah kecamatan di kabupaten pamekasan mulai diguyur hujan. sudah menjadi kebiasaan, apabila musim pancaroba atau peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan, sejumlah penyakit akan menyerang warga. adapun penyakit yang sering mengganggu kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis.

Dari beberapa penyakit tersebut demam berdarah salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Sebab, penyakit itu merupakan penyakit yang paling sering menjangkit masyarakat.

Penyebabnya karena adanya bakteri, terutama pada daerah yang airnya meluap sehingga bakteri dan parasit dari septic tank dan kotoran hewan terangkat dan hanyut kemudian mengkontaminasi air, bahan pangan, atau menginfeksi langsung manusia.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Pemkab Pamekasan Rusdi Saleh mengaku sudah melakukan koordinasi dengan seluruh puskesmas dan bidan yang tersebar di seluruh desa dan kecamatan di Pamekasan, guna mewaspadai terjadinya penyakit dimusim pancaroba tersebut.

Adapun upaya yang akan dilakukan diantaranya, Meningkatkan promosi kesehatan kepada masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal penggunaan air bersih, Cuci tangan dengan air bersih dan sabun, Penggunaan jamban sehat, pemberantasan jentik di rumah, sekolah, kantor, dan lingkungan sekitar, Konsumsi buah dan sayur setiap hari, Beraktivitas fisik setiap hari, Membuang sampah pada tempatnya, Tidak meludah sembarangan serta penggunaan alat pelindung diri, misalnya memakai sepatu boot saat terjadi banjir untuk menghindari infeksi leptospira dan memakai lotion anti nyamuk di wilayah rawan,endemis demam berdarah.


Tidak ada komentar