Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

101 Desa Tak Peduli Lingkungan

Ilustrasi Lngkungan Asri
PAMEKASAN – Sampai saat ini, ternyata masih ada warga yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan hunian. Indikasinya, masih banyak warga di desa tertentu yang buang air besar (BAB) di sembarang tempat. ”Pola BAB di sembarang tempat akan menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit. Berdasar pengamatan kami, ada 101 desa yang terkategori sebagai desa tidak peduli lingkungan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ismail Bey.

Menurut Ismail Bey, ada beberapa penyakit yang berpotensi menghinggapi penduduk jika tidak menghentikan dan meninggalkan kebiasaan BAB di sembarang tempat. Salah satunya, penyakit diare. ”Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Situasi seperti ini harus diwaspadai,” ungkap pejabat berkepala pelontos itu.

Saat ditanya upaya yang dilakukan dinkes dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, Ismail Bey menyatakan bahwa pada tahun 2015 nanti pihaknya akan mendeklarasikan Desa Open Divications Free (ODF). Salah satu tujuannya, masyarakat peduli kebersihan lingkungan. ”Sebelumnya, dari 189 desa di Pamekasan, 88 desa di antaranya telah dideklarasikan sebagai Desa ODF,” pungkasnya. (sin/yan) (radar madura)

Tidak ada komentar