Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Dishutbun Tunda Kegiatan Penghijauan, Karena Curah Hujan Rendah

Dishutbun Tunda Kegiatan Penghijauan, Berdalih Curah Hujan Rendah
PAMEKASAN – Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Pamekasan belum melakukan penghijauan. Pasalnya, intensitas hujan di Kota Gerbang Salam masih rendah. Demikian disampaikan Kepala Dishutbun Pamekasan Ajib Abdullah, kemarin (3/12).

Dia mengatakan, untuk kegiatan penghijauan masih menunggu curah hujan yang lebih tinggi. Sebab, jika dilakukan saat ini, dimungkinkan penanaman bibit pohon tidak sesuai dengan yang diharapkan. ”Kami masih khawatir jika penghijaun dilakukan saat ini, takut intensitas hujan rendah. Sehingga, pohon yang baru ditanam mati,” katanya.

Untuk lahan-lahan kritis, sambungnya, dishutbun telah melakukan penanaman pohon tapi masih sebagian kecil. Alasannya, curah hujan di Pamekasan belum stabil. ”Hanya sebagian yang telah kami tanami. Sebab, kegiatan ini tidak ada biaya pemeliharaannya,” ucap Ajib.

Meskipun kegiatan penghjiauan ditunda, atas perintah Pemkab Pamekasan dishutbun telah menyebarkan surat kepada seluruh instansi untuk mengajukan kebutuhan bibit pohon yang akan ditanam di lingkungannya. ”Pohon yang siap ditanam kami berikan secara gratis kepada masyarakat,” tegasnya.

Sasaran penghijauan ada 14 titik. Di antaranya, Kecamatan Larangan, Batumarmar, Pasean, Pakong, dan Palengaan. ”Ini sudah siap dibagikan dan kami sudah menandatangani berita acara untuk kelompok tani agar bibit pohon segera didistribusikan,” pungkas Ajib. (c10/hud)

Tidak ada komentar