Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Anggaran Membaca Al Quran Pamekasan Rp300 Juta

Pamekasan - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengalokasikan APBD 2015 sebesar Rp300 juta lebih untuk meningkatkan keterampilan masyarakat membaca Al Quran.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Moh Yusuf Suhartono di Pamekasan, Senin, menjelaskan alokasi anggaran untuk program keterampilan membaca Al Quran itu, sesuai dengan amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Keterampilan Membaca Al Quran Bagi Peserta Didik Beragama Islam.

"Kami sengaja mengalokasikan anggaran khusus untuk keterampilan membaca Al Quran itu, karena dalam ketentuan itu dijelaskan bahwa peserta didik wajib belajar Al Quran hingga bisa terampil membaca," katanya.

Disdik akan menerapkan program sertifikasi membaca Al Quran bagi siswa yang sudah bisa membaca Al Quran.

Rencananya, katanya, program terampil membaca Al Quran mulai Tahun Ajaran 2015 untuk murid kelas VI sekolah dasar (SD).

"Anggaran yang kami alokasikan sebesar Rp300 juta lebih ini, untuk berbagai kepentingan. Semisal pelatihan guru, sistem dan teknik penerapan, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya," kata Yusuf.

Dengan adanya program keterampilan membaca Al Quran, katanya, siswa yang lulus dari kelas VI SD diharapkan sudah bisa membaca Al Quran dengan lancar.

Program keterampilan membaca Al Quran juga dimaksudkan sebagai program pendukung dari program Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) yang telah dicanangkan Pemkab Pamekasan sejak 2002.

Guru yang akan menjadi pembina dalam program keterampilan membaca Al Quran tersebut, merupakan guru agama di masing-masing lembaga pendidikan di Kabupaten Pamekasan.

Untuk menambah wawasan serta metode cepat dalam kegiatan pembelajaran membaca Al Quran, Disdik Pamekasan terlebih dahulu akan melakukan pendidikan dan pelatihan kepada para guru yang akan menjadi pembina itu. (*) (Antara Jatim)

Tidak ada komentar