Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Waspada Sinetron dan Film Kartun Animasi yang Tidak Mendidik bagi Anak-anak

Hindari Anak Anda untuk Menonton 5 Kartun Ini



Kelima acara  kartun itu adalah Bima Sakti (ANTV), Little Krisna (ANTV), dan Tom & Jerry yang tayang di ANTV, RCTI, dan Global TV. Ketiga acara itu mendapat kategori acara berbahaya. Sementara dua acara lagi mendapatkan kategori hati-hati. Di antaranya  Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants (Global TV).
JAKARTA, Jaringnews.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan hasil kajian tontonan acara TV anak yang tidak mendidik dan berbahaya jika ditonton oleh anak-anak. KPI pun menyebutkan ada 5 acara anak yang dinilai tidak layak ditonton.

Hal itu berdasarkan kajian dan hasil pemantauan yang telah dilakukan secara intensif. Tayangan tersebut penuh dengan muatan-muatan yang berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Di antaranya mengandung kekerasan fisik seperti mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul. Selain itu juga ada unsur kekerasan terhadap hewan, penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya.

Seperti dilansir rilis KPI, Senin (22/6) malam, kelima acara  kartun itu adalah Bima Sakti (ANTV), Little Krisna (ANTV), dan Tom & Jerry yang tayang di ANTV, RCTI, dan Global TV. Ketiga acara itu mendapat kategori acara berbahaya. Sementara dua acara lagi mendapatkan kategori hati-hati. Di antaranya  Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants (Global TV).

Dalam acara-acara itu banyak mengandung kategoru pengeluaran kata-kata kasar, adegan-adegan berbahaya, perilaku yang tidak pantas seperti membuka celana dan memperlihatkan ke teman-teman dan merusak benda-benda, menampilkan sifat-sifat negatif, bermuatan porno, dan unsur mistis.

Dalam memberikan penilaian terhadap tayangan anak dan kartun, KPI telah meminta pandangan dari para pakar dan pemerhati anak yang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Di antaranya Seto Mulyadi, B. Guntarto, Elly Risman, perwakilan Deputi Perlindungan Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari KOWANI dan Muslimat.

Para pakar dan pemerhati anak sepakat bahwa tayangan anak dan kartun di Indonesia telah melampaui batas-batas kewajaran. KPI sangat prihatin atas maraknya muatan-muatan kekerasan dan berbahaya dalam tayangan anak dan kartun, mengingat anak-anak belum memiliki daya filter yang baik terhadap apa yang dilihat dan didengarnya dari televisi.

"Atas pelanggaran-pelanggaran tersebut, KPI dengan tegas telah menjatuhkan sanksi administratif kepada stasiun TV yang menyiarkan dan menginstruksikan stasiun TV untuk menghilangkan muatan-muatan kekerasan dan adegan berbahaya serta tidak pantas ditiru oleh anak-anak. KPI juga menghimbau anak-anak dan orang tua agar selektif dalam memilih tayangan anak dan kartun. Untuk 5 tayangan di atas, agar orang tua melarang anak-anaknya menonton," begitu sepenggal rilis KPI bernomor 2208/K/KPI/09/14.

Hanya saja ada juga acara anak yang dinilai bermutu dan layak ditonton. Di antaranya Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV),   Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Disney Junior (MNC TV).

Tidak ada komentar