Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Pemuda Madura Harus Ber-Wirausaha

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (FPDI) Perjuangan, Said Abdullah, mengajak seluruh pemuda madura , untuk ber-wirausaha sejak dini. Sehingga, setelah dewasa, tidak lagi berpangku menjadi Pengawai Negeri sipil (PNS) atau pekerjaan yang intasn (singkat) lainya, atau sebaliknya, menjadi Pengangguran.

Menurut Said, Dalam memberdayakan pemuda, ada beberapa kategori pemuda yang perlu diberdayakan. Pertama, pemuda yang sudah punya usaha sederhana dan memerlukan pengembangan. Kedua adalah pemuda yang punya keahlian, tetapi tidak memiliki modal. Ketiga adalah pemuda yang punya modal, tetapi tidak memiliki keahlian. Keempat, tidak punya modal dan tidak punya keahlian. Namun kata Said, Yang paling banyak di Indonesia saat ini adalah pemuda yang kategori keempat.

Angka pengangguran terbuka pemuda sekitar 19,5 persen. Ini terjadi karena rendahnya kesempatan akses pendidikan baik formal maupun informal terutama di daerah yang akhirnya akan menimbulkan ancaman kriminalitas dan ketertiban umum yang dilakukan oleh pemuda.

Sebetulnya kata Said, Permasalahan utama dalam mengembangkan kewirausahaan pemuda adalah karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjadi pemuda yang mandiri dan berwirausaha. Banyak saat ini kata said, pemuda yang tergabung dalam OKP lebih berorientasi kepada pergerakan politik dan kekuasaan sehingga mereka cenderung memilih cara instan untuk menjadi terkenal dan politisi andal, tetapi dari aspek ekonomi pemuda jauh tertinggal.

Sehingga tegas Said, tahap awal yang harus dibangun dalam memberdayakan pemuda adalah membangun jiwa pemuda yang mandiri dan menanamkan semangat hidup berwirausaha sehingga kemandirian akan mudah dibangun.


Tidak ada komentar