Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Kejadian Luar Biasa Wabah Chikungunya di Pamekasan

Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan menetapkan wabah nyamuk Chikungunya yang menyerang orang dewas dan anak-anak di beberapa kecamatan di Kabupaten Pamekasan Pamekasan , sebagai keadian luar biasa (KLB) . Status KLB karena sudah menular ke beberapa penduduk lainnya . Bahkan empat kecamatan di Pamekasan , ada tersangka yang dinyatakan suspek Chikungunya .

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Pamekasan Rusdi Saleh mengatakan , KLB tersebut karena ada satu pasien yang terkena Chikungunya kemudian menular kepada masyarakat yang lain . Tetapi wabah Chikungunya itu tidak sampai menyebabkan kematian . Hanya menyebabkan sakit dan kaku di persendian tulang , demam antara empat sampai lima hari .

Dengan status KLB tersebut masyarakat tidak perlu risau . Apalagi Chikungunya bukan penyakit yang mematikan . Tanpa diobatipun , penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya . Dinas Kesehatan tetap menghimbau kepada masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat . Jika ada genangan air bersih yang di dalamnya ada jentik-jentik nyamuk , sebaiknya dikuras dan dibersihkan . Selain itu , jika ada barang barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk , sebaiknya dikubur saja . Dinkes sendiri sudah mengirimkan surat kepada seluruh puskesma agar memberikan penyuluhan kepada rumah-rumah warga yang suspek chikungunya .




Tidak ada komentar