Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Tahun Baru Hijriyah, Tahun Merekatkan Persaudaraan Antar Sesama Muslim

PAMEKASAN - Pengasuh Pondok Pesantren Nasrul Ulum Bagendeng Pamekasan KH. Hamid Mannan menyatakan Secara historis, hijrah adalah peristiwa keberangkatan nabi besar Muhammad s.a.w. dan para sahabatnya dari kota Makkah menuju kota Yathrib, yang kemudian disebut al-Madinah al-Munawwarah.

Menurut Mantan Ketua MWC NU Pamekasan ini hijrah merupakan tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana dan situasi yang tidak kondusif di Makkah menuju suasana yang prospektif di Madinah.

Hijrah jugan mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa opimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan hijrah daru hal-hal yang baik ke yang lebih baik. dan yang terpenting lagi Hijrah mengandung semangat persaudaraan, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah s.a.w. pada saat beliau mempersaudarakan antara kaum muhajirin dengan kaum anshar.

KH Hamid Mannan Menambahkan pemaknaan hijrah tentu bukan selalu harus identik dengan meninggalkan kampung halaman seperti yang dilakukan oleh Rasulullah s.a.w. dan kaum muhajirin, tetapi pemaknaan hijrah lebih kepada nilai-nilai dan semangat berhijrah itu sendiri, karena hijrah dalam arti seperti ini tidak akan pernah berhenti.Dengan demikian, hijrah harus jadikan semangat menyambut masa yang akan datang dengan penuh harapan. (Afa/kkbj)

Tidak ada komentar