Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

YOUR-B Mengadakan Seminar Nasional "Merawat Madura Melalui Modal Budaya"

Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro mantan Menteri Pendidikan 1993-1998, dalam Seminar Nasional "Merawat Madura Melalui Modal Budaya (06/11/2016)
Pamekasan - Hari Jadi Pamekasan ke 486 tahun 2016 ini begitu semarak dengan rangkaian acara yang sudah digelar, salahsatunya Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta Buku yaitu YOUR-B (06/11/2016).

Seminar Nasional ini mengusung Tema "Merawat Madura Melalui Modal Budaya" dengan harapan dapat memberi kontribusi dan referensi tentang ke-Madura-an dalam hal pendidikan, bahasa dan sastra serta Budaya. Hal ini diungkapkan Ketua Your-B, Wildona Zumam, M.Pd dalam sambutan acara tersebut.

"kami berharap dengan acara ini, kami bisa berkontriusi pada Pamekasan sebagai Kota pendidikan, dengan cara kami, yaitu mendatangkan pemakalah-pemakalah non Madura ataupun dari madura sendiri, untuk menyumbangkan ide-ide para peneliti dosen dan mahasiswa ini ke Madura lewat modal budaya, yang disini mencakup 3 bagian yaitu pendidikan, bahasa dan satra dan pastinya budaya." harapnya.

Dia menambahkan, acara yang dilangsungkan di Pendopo Ronggusukowati ini dihadiri oleh beberapa pemateri diantaranya Prof. Mien Achmad Rifai, M.Sc., Ph.D beliau kelahiran Sumenep, Dr. Latief Wijaya penulis buku 'Carok', Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro mantan Menteri Pendidikan 1993-1998 kelahiran Pamekasan, dan Prof. DR. Faruk, H.T dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Selain itu juga hadir puluhan para pemakalah dari kalangan mahasiswa s2 dan dosen dari beberapa universitas terkenal diluar Madura bahkan luar negeri.

"kami bersyukur dalam acara ini ada 45 pemakalah ditambah lagi ada 51 pemakalah yang datang dari beberapa Universitas di Jogjakarta, Jakarta, Surabaya, Malang,Pontianak serta universitas terbuka Malaysia." ungkapnya.

Dona, panggilan akrab Wildona Zumam yang juga seorang Dosen salahsatu universitas di Pamekasan dan Sumenep ini menyampaikan banyak terimakasih pada pemkab Pamekasan dan beberapa sponsor yang terlah mendukung Seminar Nasional ini terlaksana dan berjalan dengan sukses.

Kodifikasi Makalah

Dalam kesempatan itu juga Pembina YOUR-B Bapak Rahmat Kurniadi, menyampaikan bahwa hasil dari seminar tersebut, yakni makalah-makalah yang sudah di presentasikan oleh para pemakalah yang hadir akan dicetak menjadi sebuah buku yang diharapkan dapat berjejer di rak-rak perpustakaan Kota Pamekasan maupun diluar dan menjadi referensi bagi para peneliti Madura kedepannya.

"kami akan me-launching yang baru dari Your-B di tahun 2016 ini, yaitu YOUR-B Press, jadi Your-B punya percetakan buku yang nanti produk pertamanya adalah hasil seminar kita hari ini", ujarnya.

Tidak hanya hasil seminar itu, diharapkan nantinya akan ada para dosen maupun guru yang aktif menulis dan ingin menerbitkan tulisannya bisa bekerjasama dengan YOUR-B Press ini.

"jadi kepada dosen dan guru yang ingin menerbitkan buku kedeoan bisa kerjasama dengan kami, kami sudah punya your b press yang bisa digunakan untuk kegiatan pendidikan", tutup Rahmat yang juga PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan ini.

Para Punggawa YOUR-B Pamekasan

Sekedar diketahui bahwa Your-B (Youth Of Cliquers Book) ini adalah komunitas pecinta Buku, khususnya buku karya orang Madura agar lebih mendunia lewat resensi dan lainnya. Beralamatkan di Jalan Raya Ceguk - Tlanakan - Pamekasan (Ale/kkbj)

Tidak ada komentar