Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Guys, Hati-Hati Dengan Informasi

Kim Kamboja - Tak jarang, kita, (kita? Lo aja kali haha) mudah percaya pada informasi pertama yang disodorkan pada kita, padahal itu bisa saja informasi menyesatkan.

Contoh, saat kamu sedang jalan-jalan di mal, tiba-tiba ada spanduk besar dengan tulisan: “Diskon 50% khusus hari ini!” Kamu yang tadinya gak berniat belanja pun jadi membeli kaos seharga 100 ribu dari harga semula 200 ribu.

Mumpung murah? Hmm, gimana kalo harga kaos itu sebenarnya cuma 25 ribu, apa masih merasa murah? Kamu baru saja terkena efek jangkar (anchoring effect).

Efek jangkar ini adalah suatu bias kognitif yang membuatmu bergantung pada secuil informasi pertama yang kamu terima. Kamu jadi gagal berpikir lebih dalam hanya karena begitu saja percaya pada informasi pertama tersebut.

Cobalah atasi ini dengan menjadi lebih sadar akan nyatanya efek jangkar. Sadarilah tendensi pemikiran bahwa kamu akan terpengaruh oleh informasi pertama yang kamu lihat. Perhatikan dari mana nukilan informasi itu berasal. Kamu pun jadi lebih gak mudah untuk terprovokasi. So, hati-hati sama berita-berita di sosial media yang banyak "disodorkan" ke kita. (ale/kkbj)

Tidak ada komentar