Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Hama Ulat Mulai Serang Tanaman Padi

Pamekasan, – Hama ulat menyerang tanaman padi milik petani di Dusun Mondung, Desa Dasuk, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Serangan hama ini cukup parah dan membuat petani cemas

Sukmawati, salah satu petani setempat mengatakan, hama ulat telah menyerang sebagian besar tanaman padi miliknya. Hama ulat menyerang padi miliknya itu saat mulai tumbuh subur.

“Ulat ini menyarang padi selama 1 minggu, kondisi ini membuat kami cemas,” katanya kepada awak media, Rabu (28/01/2015) pagi.

Dikatakan, hama ulat yang menyerang tanaman padinya itu, mengakibatkan pertumbuhan padi tidak akan subur, sebab kondisi daun padi rusak dan patah. Sehingga ia hawatir saat penen nanti hasil gabahnya tidak akan melimpah, bahkan tanaman padinya terancam mati.

Menurutnya, mencegah dan membasmi hama ulat tidak mudah dilakukan, kecuali petani melakukan penyemprotan secara rutin. “Ya harus disemprot biar ulatnya rontok dari padinya,” ulasnya

Selama ini, lanjut Sukmawati, peran pemerintah untuk membantu membasmi hama ulat diwilayah itu masih belum ada. Setidaknya pemerintah memberikan bantuan berupa obat pembasmi ulat.

“Obatnya beli sendiri di toko pertanian, seharga Rp. 1.400.000, dan obat itu cukup untuk tiga kali penyemprotan, ya kami berharap segera ada bantuan dari Pemerintah,” harapnya. (Nn/EA) (Media Madura)

Tidak ada komentar