Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Anda Ingin Hamil? Coba Baca Ini...

WANITA yang ingin hamil atau sedang hamil harus menghindari cahaya pada malam hari.

"Tidur dalam kegelapan sangat penting bagi kesehatan reproduksi yang optimal pada wanita dan untuk melindungi janin yang sedang berkembang," kata seorang profesor biologi sel di University of Texas Health Science Center di San Antonio, J. Russel Reiter, seperti dilansir dari Fox News, Senin (13/4).

Penelitian Reiter menemukan peran melatonin dan ritme sirkadian pada kesuksesan reproduksi pada wanita. "Setiap kali Anda menyalakan lampu di malam hari hal ini ternyata menurunkan produksi melatonin," kata imbuh Reiter.

Melatonin (hormon yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak dalam menanggapi kegelapan) merupakan hormon yang sangat penting ketika seorang wanita sedang berusaha untuk hamil karena hormon ini melindungi sel telur dari stres oksidatif.

Melatonin juga memiliki sifat antioksidan kuat yang mampu melindungi telur dari kerusakan akibat radikal bebas terutama ketika wanita berevolusi.

Jika wanita berusaha untuk hamil setidaknya mereka harus berada dalam kegelapan selama delapan jam. Siklus terang-gelap harus teratur dari satu hari ke hari berikutnya, jika tidak jam biologis wanita akan kacau.

Delapan jam kegelapan setiap malam juga optimal selama kehamilan terutama selama trimester terakhir kehamilan.

Tidak ada komentar