Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Hama Belalang Masih Meresahkan

PAMEKASAN - Di masa panen padi kali ini , hama belalang kembali meresahkan petani , khususnya petani di wilayah Kecamatan Tlanakan . Sebab , di wilayah ini banyak tanaman padi yang belum dipanen .

Karena itu , belalang yang biasanya tersebar di berbagai wilayah untuk memakan padi , kini semuanya migrasi ke wilayah Kecamatan Tlanakan .

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian (Disperta) Pamekasan Slamet Budiharsono , meminta petani waspada terhadap hama ini . Solusinya , dengan menyemprotkan pestisida secara berkala . Bila dibiarkan , belalang memakan daun dan padi yang masih muda .

Bila hama belalang masih menyerang , petani diminta melapor kepada Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) , yang ada di Kantor Kecamatan .

Selain itu , yang juga perlu diwaspai adalah burung . Burung juga migrasi , karena tanaman padi di daerah lain banyak yang dipanen . Petani untuk senantiasa mengontrol secara berkala tanaman padinya . Tidak untuk petani di wilayah Kecamatan Tlanakan saja , di wilayah lain bila masih ada petani yang belum memanen padinya , agar waspada terhadap hama belalang dan burung ini . (sukma/rlt)

Tidak ada komentar