Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

PETIS PAMEKASAN BERBEDA



Petis tidak saja dibuat tambahan racikan rujak atau pelengkap ketika makan tahu goreng, namun petis juga bisa dibuat lauk pauk ketika makan karena petis dibuat dari sari ikan tuna yang banyak mengandung protein. Pada umumnya petis dibuat dari udang dan berwarna pekat kehitaman, namun petis ikan tuna asal Pamekasan, Madura  berwarna cokelat kekuningan dan rasa nikmat khas ikan tuna.
Inilah dapur pembuatan petis dari sari ikan tuna milik H. wiwied, warga Desa laden kecamtan kota, Kabupaten Pamekasan, Madura. Beberapa pekerja mengaduk - ngaduk wajan raksasa diatas tungku kayu yang menyala. Didalam wajan sari ikan tuna di didihkan sambil diaduk agar tidak hangus dan gosong.
Untuk mengelola petis, H. wiwied mendatangkan minyak ikan tuna dari Muncar, Banyuwangi dan dari Cilacap, Jawa Tengah. Rata - rata 30 drum kapasitas 200 liter minyak ikan tuna didatangkan Haji Umar ke dapur pengolahan petis miliknya.
Petis buatan H. wiwied banyak diminati konsumen. Petis ini dibuat dari rebusan sari ikan tuna ditambah gula kristal dan bumbu penyebab serta glukosa. Setelah dikemas kedalam kaleng, petis ini ditimbang dalam ukuran berat 24 kilogram. Petis ini dipasarkan keseluruh Madura dan beberapa kota di Jawa Timur dengan harga 200 ribu rupiah per plate.
Setiap hari H. wiwied mampu memproduksi 150 plate petis, kapasitas 24 kilogram. Setiap plate atau kaleng dijual seharga 200 ribu rupiah. Agen petis buatan H. wiwied tersebar dikota Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, Surabaya, Malang, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi serta kota - kota lain di Jawa Timur.
Petis ikan tuna asal Pamekasan, Madura buatan H. wiwied ini berbeda dengan petis udang Sidoarjo. Petis Madura ini mewarna kecepatan karena menggunakan sari ikan tuna. Rasanya juga lebih gurih dan nikmat sedangkan petis Sidoarjo memakai sari ikan udang.
Karena berbeda bahan baku, petis Madura memiliki citarasa yang lebih sedap karena memiliki citarasa yang lebih sedap. Petis Madura banyak digunakan sebagai lauk alternatif bagi keluarga di Madura.

Tidak ada komentar