Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Warga Pamekasan Temukan Gas Saat Mengebor Sumur

Pamekasan - Warga Desa Bujur Timur, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menemukan potensi gas alam saat mengebor sumur untuk kebutuhan air bersih.
Lokasi semburan gas di Dusun Baban, Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, di pekarangan rumah warga, Abd Syukur (43).
"Kemarin saya bersama anggota meninjau secara langsung ke lokasi sumur yang dibor dan keluar gas itu," kata Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Mawardi kepada Antara, Sabtu (28/3).
Sumur bor milik Abd Syukur itu mulai digali pada 9 Maret 2015 dan lokasi pengeboran terletak sekitar 5 meter di samping rumahnya.
Sesuai dengan perkiraan, sumber air di perut bumi di lokasi yang dibor itu, ditemukan pada kedalaman sekitar 105 meter.
Pada Rabu, (25/3) kedalaman sumur mencapai 105 meter, sesuai dengan perkiraan awal, namun belum ada tanda-tanda adanya sumber mata air, sehingga penggalian dilanjutkan lagi hingga kedalaman 115 meter.
"Pada kedalaman 115 meter itu, ada sumber air," ujar Mawardi.
Namun air yang menyembur itu berbau menyengat seperti mengandung gas. Sehari setelah air menyembur itu, pekerja sumur mencoba menyalakan korek api, ternyata lubang sumur yang dibor itu terbakar dengan ketinggian api mencapai satu meter.
Karena dikhawatirkan kobaran api semakin besar, apalagi jaraknya hanya 5 meter dari rumah, maka Abd Syukur memutuskan lubang bekas bor itu ditutup dengan menggunakan kain basah sehingga api menjadi padam.
Kandungan gas pada sumur bor milik Abd Syukur itu sempat membuat panik warga sekitar, karena mereka khawatir akan terjadi seperti di Sidoarjo, Jawa Timur.
Menurut Dandim, pihak Babinsa telah menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat di desa itu untuk tidak panik, karena kandungan gasnya kecil. Hal itu terbukti, api bisa dipadamkan hanya dengan disumbat dengan kain basah.

Tidak ada komentar