Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Mahasiswa Gelorakan Semangat Hari Pahlawan

PAMEKASAN ­– Semangat para pejuang kemerdekaan tempo dulu terus digelorakan oleh sekelompok mahasiswa. Lima puluh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan kemarin (8/11) datang ke Monumen Arek Lancor Pamekasan untuk memperingati Hari Pahlawan.

Sebagaimana diketahui, Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Menyambut hari bersejarah tersebut, mahasiswa melakukan aksi teatrikal guna mengenang dan membangkitkan kembali semangat para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan serta kesejahteraan rakyat.

Dalam aksi teatrikal itu, ada mahasiswa yang memerankan sosok Bung Tomo. Dia berorasi tentang aksi heroik Bung Tomo menggugah kesadaran kaum muda untuk berani melawan pasukan Belanda yang hendak menguasai kembali Surabaya. Selain itu, ada pula aksi teatrikal mahasiswa yang memeragakan petani.

Ahmad Mustofa K, koordinator mahasiswa mengatakan, sengaja menampilkan adegan petani yang tidak berdaya meski hidup di negara agraris, Indonesia. Hal itu untuk menggugah kesadaran kaum, utamanya mahasiswa, agar berani memperjuangkan nasib kaum tani.

”Indonesia memang telah lama merdeka. Tapi, nasib petani tak kunjung beranjak dari kehidupan susah dan sulit sejahtera. Menyejahterakan petani harus menjadi medan juang kaum muda masa kini, seperti para pahlawan tempo dulu berjuang melawan penjajah,” kata Mustofa dengan suara lantang.

Selain melakukan aksi teatrikal dan berorasi, mahasiswa juga membagikan selebaran kepada warga yang melintas di sekitar Makam Pahlawan, Jalan Panglegur Kota Pamekasan. Isi selebaran itu intinya mengajak seluruh masyarakat untuk jangan berhenti berjuang. ”Perjuangan demi kesejahteraan rakyat tidak pernah usai,” ujar Mustofa. (sin/hud)

Tidak ada komentar