Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Pemkab Pamekasan Akan Bangun Industri Garam

PAMEKASAN —Pemkab Pamekasan memiliki rencana untuk membuka industri garam di tahun 2015 mendatang. Usaha tersebut dalam rangka untuk mengangkat harga garam petani Pamekasan yang fluktuatif dan dimainkan oleh para tengkulak ketika musim panen.

Bupati Pamekasan, Achmad Syafii mengatakan, program tersebut merupakan salah satu realisasi janji politiknya untuk mengangkat harga garam rakyat. Rencana pendirian industri garam tersebut sedang dalam penggodokan konsepnya karena melibatkan pihak swasta.

Program tersebut bukan semata-mata berorientasi kepada peningkatan pendapatan Pemkab Pamekasan, tetapi untuk melindungi harga garam rakyat dan mengangkat harga garam sesuai dengan keputusan Menteri Perdagangan.

“tidak semua kegiatan yang berbau perdagangan harus berorientasi kepada pendapatan. Industri garam ini berorientasi kepada perlindungan garam rakyat,” ungkapnya, Selasa (18/11/2014).

Dijelaskan Bupati, anggaran untuk pendirian industri garam tersebut sebesar Rp. 5 miliar. Beberapa pelaku garam di Pamekasan dan akademisi masih tengah merancang konsep dan perencanaannya. Jika program tersebut berjalan dengan lancar dari tahun ke tahun, maka anggaran bisa ditingkatkan dengan dukungan dari DPRD Pamekasan.(fiq) (Ralitafm.com)

Tidak ada komentar