Header Ads

Masa Depan Adalah Kami

Pengawasan Internal Program Pemberdayaan Lemah

PAMEKASAN - Sejumlah program pembangunan untuk pemberdayaan masyarakat yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat di berbagai pelosok desa , kualitasnya dipertanyakan karena lekas rusak . Bahkan ada pembangunan yang tidak sampai setahun , seperti jalan desa , plengsengan dan pembangunan lainnya .

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pamekasan Totok Hartono mengatakan , program pemberdayaan masyarakat seperti PNPM dan PPIP konsepnya cukup bagus . Sebab mulai dari perencanaannya , pekerjaannya hingga pemanfaatan dan pengawasaannya dilakukan oleh masyarakat sendiri . Terkait dengan kualitas yang dihasilkan , pihaknya masih belum mengetahui penyebabnya karena itu tidak ada kaitannya langsung dengan program PU Bina Marga .

Dijelaskan Totok Hartono , karena perencanaan dan pengawasannya dilakukan oleh masyarakat sendiri , maka masyarakat juga ikut bertanggungjawab . Pemkab Pamekasan hanya memfasilitasi administrasinya saja sekaligus menjadi jembatan program yang dikerjakan masyarakat . Karena memiliki tanggungjawab moral , maka Pemkab Pamekasan akan memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar