Header Ads

stop peredaran rokok ilegal

Tanding Kecepatan Performa Windows 10 vs Windows 8.1

Tanding Kecepatan Performa Windows 10 vs Windows 8.1

Windows 10 merupakan produk sistem operasi pribadi teranyar yang dibesut oleh Microsoft. Upgrade free ke sistem operasi yang mana juga menjadi bagian dari keluarga OS Windows NT itu pun gencar ditawarkan kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. Namun, kenyataannya tidak sedikit pengguna berpikir ulang untuk melakukan upgrade ke versi baru.

Salah satu alasannya lantaran adanya kebutuhan memori lebih besar dan penurunan performa saat upgrade sistem operasi. Hal ini karena peningkatan hardware biasanya menjadi persyaratan yang mesti dipenuhi saat update sistem operasi ke versi terbaru. Pasalnya sudah pasti versi terbaru memiliki banyak fungsi dan fitur baru yang membutuhkan kinerja harware lebih mumpuni. Sehingga tidak jarang pada spek hardware sama malah menyebabkan sistem operasi versi baru berjalan lebih lambat dari yang semestinya.
Akan tetapi, lain halnya bila sistem operasi teranyar menjanjikan performa lebih cepat pada spek hardware sama. Dengan demikian tidak ada alasan untuk tidak melakukan pembaruan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diberikan ulasan hasil uji perbandingan yang dilakukan AVG. Uji banding yang dimaksud dilakukan seperlu mengetahui kecepatan performa antara Windows 10 melawan Windows 8.1.
Uji Banding Windows 10 vs Windows 8.1
AVG belum lama ini melakukan perbandingan kecepatan Windows 10 vs Windows 8.1. Perusahaan keamanan PC dan internet yang populer dengan produk software anti virusnya tersebut melakukan perbandingan dalam beberapa aspek. Mulai dari lamanya waktu booting, performa dalam pengoperasian aplikasi Office, dan lain sebagainya. Sehingga bisa dibilang uji banding yang dilakukan pabrikan Ceko tersebut dapat memberi informasi berguna bagi para pengguna untuk mengambil keputusan akan melakukan upgrade atau tidak.
Adapun perangkat yang digunakan dalam tahap uji banding tersebut yaitu notebook Asus UX-501 yang mana diketahui disenjatai prosesor Core i7. Perangkat tersebut mendapat dukungan RAM sebesar 16GB lengkap dengan kartu grafis GeForce 960M GTX dan juga 128GB SSD. Untuk ringkasan hasil uji bandingnya diberikan sebagai berikut:
Waktu Booting PC
Dari hasil uji banding diketahui Windows 10 memiliki waktu booting 8% lebih cepat dibanding Windows 8.1. Dengan demikian para pengguna tidak perlu menunggu waktu lama startup PC.
Waktu Memulai Internet Explorer
Hasil memukau ditunjukkan oleh sistem operasi teranyar Microsoft terutama dalam aspek waktu memulai internet explorer. Diketahui Windows versi terbaru 50% lebih cepat dibanding Windows 8.1.
Performa Menulis di Office, Browse Web, dan Video Chat
Dengan rancangan seolah tengah melakukan aktivitas harian seperti biasa, didapati untuk aspek ini Windows 10 masih lebih unggul dibanding Windows 8.1. Meskipun selisih keduanya bisa dibilang amat tipis hanya 1% saja.
Performa Office 2013
Bagi Anda yang dituntut untuk banyak bekerja dengan Office 2013, maka Windows versi terbaru layak dipertimbangkan. Pasalnya dari hasil uji banding didapati performa office 2013 Windows anyar tersebut 8% lebih cepat dibanding versi sebelumnya.
Performa Adobe Creative Suite
Untuk performa Adobe Creative Suite, Windows 10 tampil 17% lebih cep


Tidak ada komentar