Hasil Survei Puspoll Indonesia Membuat KTP-el itu Mudah
Ditjen
Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus berupaya meningkatkan layanan
administrasi kependudukan, sesuai dengan pencanangan tahun 2021 sebagai Tahun
Kualitas Layanan Dukcapil. Di bawah komando Dirjen Zudan,
Dukcapil banyak bergerak maju membenahi pelayanannya mulai dari sistem,
aplikasi, prosedur, dan standar kompetensi SDM.
Untuk
menguji sejatinya tingkat kepuasan masyarakat atas layanan Dukcapil, untuk
pertama kalinya Ditjen Dukcapil disurvei secara independen oleh Pusat Studi
Sosial Politik (Puspoll) Indonesia.
"Kepada
Pak Muslimin (Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, red.) saya bebaskan untuk
menyurvei, meneliti apa yang sesungguhnya nyata di lapangan. Tidak ada
intervensi dari kami. Dinas Dukcapil daerah pun tidak tahu kalo mereka
disurvei," kata Dirjen Dikcapil Zudan Arif Fakrulloh di Jakarta, Kamis
(7/10/2021).
Tujuannya,
kata Dirjen Zudan, adalah untuk pembenahan atau perbaikan agar Dukcapil bisa
memberikan pelayanan sesuai dengan ideologi pelayanan Dukcapil: "Pelayanan
yang membahagiakan masyarakat."
"Jadi
Dukcapil akan terus bergerak memberikan pelayanan Adminduk yang mudah, cepat,
terintegrasi. Kita hindari betul yang namanya pungutan liar dan calo,"
kata Dirjen Zudan tegas.
Dari
24 output layanan yang tersedia, Dirjen Dukcapil meminta Puspoll melakukan
survei terhadap sejumlah layanan primer Adminduk, seperti perekaman dan
perubahan data KTP-el, KK, dan pembuatan akta lahir.
Dalam
paparannya, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja mengungkapkan,
sample survei ini dipilih sepenuhnya secara acak dengan metode penarikan sample
secara acak bertingkat (multistage random sampling). Sampel disebar ke 34
provinsi, 149 kabupaten, 160 kecamatan, dan 160 kelurahan/desa.
Adapun
jumlah sample sebanyak 1.600 responden dengan margin of error lebih kurang 2,45
persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Unit sampling primer survei (PSU)
adalah desa/kelurahan dengan sampel kelurahan yang tersebar di seluruh provinsi
di Indonesia.
"Proses
pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner
terstruktur. Usia minimum responden 17 tahun atau sudah memenuhi syarat
berKTP-el. Quality control (QC) dilakukan terhadap hasil wawancara yang dipilih
secara random sebesar 20 persen dari total sampel. Dalam QC tidak ditemukan
kesalahan berarti," kata Muslimin memulai penjelasannya.
Berdasarkan
hasil evaluasi pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil oleh Puspoll
Indonesia, atas pertanyaan "Dalam membuat atau memperbaharui Kartu Tanda
Penduduk apakah sangat mudah, cukup mudah, susah, sangat susah", sebanyak
68,1 persen responden menjawab mudah, 11,8 persen menjawab sangat mudah, 12,8
persen menjawab susah, sangat susah 1,6 persen, 5,7 persen responden tidak
menjawab/tidak tahu.
"Dengan
demikian 80 persen responden mengatakan MUDAH dalam membuat atau memperbaharui
KTP," kata Muslimin.
Selanjutnya
atas pertanyaan "Dalam membuat atau memperbaharui Kartu Keluarga (KK)
apakah sangat mudah, cukup mudah, susah, sangat susah", sebanyak 69,6
persen responden menjawab mudah, 11,7 persen menjawab sangat mudah, 11,8 persen
menjawab susah, sangat susah 1,3 persen, dan 5,7 persen responden tidak
menjawab/tidak tahu.
"Maka
82 persen responden mengatakan MUDAH dalam membuat atau memperbaharui KK,"
kata Muslimin.
Untuk
pertanyaan "Dalam membuat atau memperbaharui Akta Kelahiran apakah sangat
mudah, cukup mudah, susah, sangat susah", sebanyak 67,4 persen responden
menjawab mudah; 11,4 persen menjawab sangat mudah; 13,3 persen menjawab susah;
sangat susah 1,3 persen; dan 6,8 persen responden tidak menjawab/tidak tahu.
"Jadi
sebanyak 78 persen responden mengatakan MUDAH dalam membuat atau memperbaharui
Akta Kelahiran," ungkap Muslimin.
Dari
sisi tingkat kepuasan pelayanan Adminduk, Puspoll memberikan pertanyaan kepada
responden "Dalam membuat dan memperbaharui KTP apakah sangat cepat, cukup
cepat, lambat, atau sangat lambat. Sebanyak 64 persen responden menjawab cepat;
10,1 persen responden menjawab sangat cepat; 17,7 persen yang menjawab lambat,
dan 2,4 persen menjawab sangat lambat, serta 5,8 persen tidak menjawab/tidak
tahu.
"Walhasil
sebanyak 74 persen responden mengatakan CEPAT dalam membuat dan memperbarui
KTP-el," kata Muslimin.
Atas
pertanyaan kepada responden "Dalam membuat dan memperbaharui KK apakah
sangat cepat, cukup cepat, lambat, atau sangat lambat; sebanyak 63,1 persen
responden menjawab cepat; 8,9 persen responden menjawab sangat cepat; 19 persen
yang menjawab lambat, dan 1,8 persen menjawab sangat lambat, serta 7,2 persen
tidak menjawab/tidak tahu.
"Dengan
demikian tingkat kepuasan publik atas layanan Dukcapil, sebanyak 72 persen
responden mengatakan cepat dalam membuat atau memperbaharui KK," kata
Muslimin.
Terkait
pertanyaan "Dalam membuat dan memperbaharui Akta Kelahiran apakah sangat
cepat, cukup cepat, lambat, atau sangat lambat; maka sebanyak 63,7 persen
responden menjawab cepat; 9 persen responden menjawab sangat cepat; 17,8 persen
menjawab lambat, dan 2,5 persen menjawab sangat lambat, serta 7 persen tidak
menjawab/tidak tahu.
"Dengan
demikian tingkat kepuasan publik atas layanan Dukcapil, sebanyak 73 persen
responden mengatakan cepat dalam membuat atau memperbaharui KK," kata
Muslimin.
Lebih
lanjut, Puspoll juga menyurvei tingkat kepuasan publik atas pelayanan dari
petugas di kantor Dinas Dukcapil. Sebanyak 65,3 persen menjawab memuaskan; 8,1
responden menjawab sangat memuaskan; 15,5 persen kurang memuaskan; 1,7 persen
responden menyatakan tidak puas sama sekali; dan 9,4 persen tidak tahu/tidak
menjawab.
"Dengan
demikian, 73 persen responden merasa puas dengan layanan petugas
Dukcapil," kata Muslimin.
Di
lain pihak, Kadis Dukcapil Kabupaten Pamekasan Ach. Faisol usai mengikuti Zoom
Meating dengan Dirjen Dukcapil mengatakan hasil suervei dari Puspoll
sangatlah mengembirakan bagi kita semua dengan ini masyarakat sudah merasakan
kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kami (Dukcapil.Red), namun hal ini tidak
akan menjadi alasan bagi dukcapil untuk tidak terus berusaha memberikan
pelayanan terbaik bagi Masyarakat kedepan kami tetap akan selalu
berinovasi,tegas Faisol.
Coin Casino - Play £10, Get 30 Free Spins at a CasinoWays
BalasHapusLooking 제왕 카지노 for a reliable and 카지노 safe online casino to play the latest games from top software developers? ➤ We list the top casinos & play the best bonuses 인카지노 at